Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan informasi tentang penerapan teknik pembelajaran yang berkaitan langsung dengan Kurikulum 2013 yang diselenggaran di SMK Islam Nurul Hikmah Sangatta Utara, karena merupakan sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K.13) sejak 3 tahun yang lalu.
Proses Belajar Mengajar Mapel Bahasa Indonesia |
Proses pembelajaran yang dialami dan dilalui manusia dapat berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kemampuan orang tersebut untuk menyerap ilmu ataupun hal-hal yang diajarkan kepadanya. Ilmu tersebut dapat disampaikan melalui beragam cara. Cara-cara tersebut dikenal dengan teknik pembelajaran. Sebenarnya setiap orang dapat secara bebas melakukan proses pembelajaran asalkan hal tersebut dilakukan sesuai aturan dan norma yang ada.
Oleh karena itu, sekarang ini banyak terdapat beragam teknik pembelajaran yang ada di dunia. Misalnya saja teknik pembelajaran mengemudi, menjahit, pendidikan formal, dan lain sebagainya.
Sementara itu, sebenarnya dalam proses pembelajaran terjadi proses transfer informasi. Dalam hal ini, pemberi materi bertukar informasi dengan penerima materi. Sehingga, sebaiknya terjadi proses interaksi antara kedua belah pihak tersebut. Kemudian, dalam proses pembelajaran juga diharapkan terjadi proses saling berlajar dimana pemberi materi juga belajar dari penerima materi. Sehingga, kedua belah pihak akan saling menambah pengetahuan satu sama lain.
Proses pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan scientific akan menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor). Dengan proses pembelajaran yang demikian maka diharapkan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran.
penerapan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran tidak hanya fokus pada bagaimana mengembangkan kompetensi siswa dalam melakukan observasi atau eksperimen, namun bagaimana mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berpikir sehingga dapat mendukung aktivitas kreatif dalam berinovasi atau berkarya.
Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk blog sederhana ini, semoga bermanfaat.
Posting Komentar